Home » » Firqatun Najiyyah

Firqatun Najiyyah

Selain Ahlus Sunnah, Ahlu Atsar, Ahlu Hadits dan Salaf, Ahlus Sunnah wal Jama’ah juga sering dikenal dengan nama Firqah Najiyyah (golongan yang selamat), didasarkan pada hadits-hadits yang menerangkan akan pecahnya umat Islam menjadi 73 golongan, dimana 72 golongan akan tersesat dan yang selamat (najiyah) hanya satu saja yaitu “ma ana alaihi wa ashabi (apa yang saya dan para shahabatku berada di atasnya)” yang berarti Jama’ah dengan artian ilmu/mengikuti kebenaran yakni Ahlus Sunnah. Dan dalam lafal lain disebutkan “al Jama’ah”.
[Hasan I/36, Al Mahmud I/35, Al Mishri: 58-62]


Para ulama telah menyebutkan sanad (mata rantai) hadits hadits tentang perpecahan umat Islam menjadi 73 golongan di dalam buku-buku mereka. Di antara ulama kontemporer yang melakukannya adalah Syaikh Salman Fahd al Audah, Syaikh Salim Ied al Hilaly, Syaikh Muhammad Abdul Hadi al Mishri, dll. Penelitian para ulama ini yang dipandang paling baik adalah tulisan Syaikh Audah. Berdasarkan penelitian Syaikh Audah, para perawi hadits-hadits perpecahan umat ini dari kalangan shahabat adalah: Abu Hurairah, Mu’awiyah, Abdullah bin Amru, Auf bin Malik, Anas bin Malik, Abu Umamah, Ibnu Mas’ud, Jabir bin Abdullah, Sa’ad bin Abi Waqash, Abu Darda’, Watsilah bin Al Aqsa’, Amru bin Auf al Muzany, Ali dan Abu Musa.
[Lengkapnya baca Audah, Sifatul Ghuraba’]


Di antara hadits-hadits tentang perpecahan umat Islam ini antara lain adalah apa yang diriwayatkan oleh shahabat Abu Hurairah radliyalllaahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallaahu ‘alahi wasallam bersabda,

”Yahudi terpecah menjadi 71 golongan, Nasrani terpecah menjadi 71 —atau 72— golongan dan umatku akan terpecah menjadi 73 golongan.”
[Diriwayatkan Abu Daud no. 4596, Tirmidzi no. 2640 dan menyatakannya hasan shahih, Ibnu Majah no. 3991, Ahmad II/332, al Hakim I/61,I/128 dan menyatakannya sebagai hadits shahih berdasar syarat Imam Muslim, dan disetujui Adz Dzahabi. Hadits ini dishahihkan Asy Syathibi dalam I’tisham II/189 dan Imam Suyuthi dalam Al Jami’ Ash Shaghir II/20]

Dalam riwayat Auf bin Malik radliyalllaahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallaahu ‘alahi wasallam bersabda,

”Yahudi terpecah menjadi 71 golongan, 1 golongan di surga dan 70 lainnya di neraka.
Nasrani terpecah menjadi 72 golongan, 1 golongan di surga dan 71 lainnya di neraka.
Demi Dzat yang nyawa Muhammad berada di tangan-Nya, umatku akan terpecah menjadi 73 golongan, 1 golongan di surga dan 72 lainnya di neraka.”
Para shahabat bertanya, ”Ya Rasulullah, siapa mereka (yang selamat, red)?”
Beliau menjawab, ”Jama’ah.”
[Diriwayatkan Ibnu Majah no. 3992,Al Laalikai I/101 no. 149, Al Hakim I/6].



(bersambung)

0 comments :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. The Last Smile - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger