Home » » Kesimpulan dan Catatan Penting

Kesimpulan dan Catatan Penting


KESIMPULAN

Nama lain Ahlus Sunnah wal Jama’ah adalah :
1. Ahlul Hadits
2. Ahlul Atsar
3. Salaf atau Salafush Shalih
4. Firqah Najiyah
5. Thaifah Manshurah

CATATAN

Sebagian ulama seperti Ibnu Taimiyah dalam Al Aqidah al Wasithiyah, beliau menyamakan antara Firqah Najiyah dan Thaifah Manshurah. Namun mayoritas ulama kontemporer seperti Syaikh Audah membedakan antara keduanya, di mana Firqah Najiyah lebih umum, dalam artian seluruh Ahlus Sunnah wal Jama’ah (karena mereka telah mengikuti Al Qur’an dan As Sunnah ‘ala fahmi salafush shalih) adalah Firqah Najiyah (golongan yang selamat, artinya dijamin di Akhirat nanti selamat dari Nereka, sekalipun barang kali masih masuk Nereka namun bukan karena kesesatan dalam keyakinan tapi karena sebagian maksiatnya). Adapun Thaifah Manshurah adalah Firqah Najiyah yang berperang/berjihad di jalan Allah untuk menegakkan Islam dan kalimat Allah di muka bumi. Ini diperkuat oleh hadits-hadits tentang Thaifah Manshurah yang rata-rata menggunakan lafal berperang dan mengalahkan musuh.

Dalam hal ini – wallahu a’lampenulis (redaksi Aqwam) lebih cenderung pada pendapat ‘ulama kontemporer tadi karena dikuatkan oleh lafal-lafal hadits tentang Thaifah Manshurah. Dalam kenyataannya memang demikian, sebenarnya banyak umat Islam yang dibimbing para ‘ulama yang tetap berada d atas jalan Sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alahi wasallam (jama’ah dalam artian ilmiyah), namun sedikit sekali para ‘ulama yang mau berjihad mengorbankan nyawa dan hartanya untuk menegakkan kalimat Islam dan menegakkan kembali Jama’atul Muslimin (dalam tinjauan politik). Dalam banyak negara yang di situ banyak ulama Ahlus Sunnah sekalipun, para ulama yang mengusung ide jihad tetap dimusuhi negara dan disiksa dengan banyak siksaan. Tengok misalnya Arab Saudi, di mana para ulama semisal Syaikh Salman Audah, Dr. Safar al Hawali, Syaikh Hamud al ‘Uqaily, Syaikh ‘Aidh al Qarny dan ulama-ulama lain dan juga tak kurang dari 800 mantan Mujahidin yang terlibat jihad di Afghanistan dipenjara dan disiksa dengan sadis oleh pihak kerajaan. Para ‘ulama sunnahnya bahkan banyak yang menuduh mereka dengan Khawarij, dll. Syaikh Usamah bin Ladin dan seluruh pengikut beliau yang terlibat dalam jihad melawan Rusia di Afghanistan dan saat ini melawan Amerika dan Yahudi bahkan menjadi buronan nomor satu di Arab Saudi.

Begitu juga di seluruh dunia. Hampir seluruh ulama jihad menjadi buronan dan jama’ah-jama’ah jihad dimusuhi tidak saja oleh negara, namun juga ulama-ulama Ahlus Sunnah yang merupakan panutan umat. Dari Ahlus Sunnah di dunia ini yang saat ini mencapai sekitar satu milyar lebih, yang menegakan jihad menegakkan Islam hanya sedikit sekali. Itulah Thaifah Manshurah (kelompk yang mendapat pertolongan Allah), sekalipun seluruh musuh-musuh Allah menyerbu mereka dengan segala macam sarana, Allah tetap memenangkan mereka. Itulah yang bisa kita saksikan di Moro Filipina, Chechnya, Afghanistan, Palestina, Pattani Thiland, Arakan Birma, Kasymir India, dst.

Wallahu a’lam bish shawab.


Maraji’:

Seluruh sumber artikel “Ahlus Sunnah wal Jama’ah: Siapakah Mereka ? (1) dan (2)” ditambah dengan
1. Salam, Ahmad, Maa Ana ‘Alaihi wa Ashabi, Cet.1, Daru Ibni Hazm, 1415 H/1995 M.
2. Audah, Shifatul Ghuraba’, Ghuraba’ Awalun dan Min Wasailin Daf’il Ghurbah.
3. Albani, Muhammad Nashirudin, Silsilah Ahadits Shahihah.
4. _________________________, Shahih al Jami’ Ash Shaghir.
5. As Sa’dan, Dr. Sa’ad Abdullah Sa’ad, Tahqiq wa Takhrij Hadits Iftiraqil mah Ila Niif wa Sab’ina Firqah, karya Imam Ash Shan’any, cet. 1, Dar al ‘Ashimah, 1415 H.


Sumber: http://www.oocities.org/tau_jih/

0 comments :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. The Last Smile - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger