Home » » Thaifah Manshurah

Thaifah Manshurah


Nama lain Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang disebutkan dalam hadits-hadits Rasulullah shallallaahu ‘alahi wasallam adalah Thaifah Manshurah (Kelompok yang menang, ditolong Allah). Banyak hadits-hadits yang menyebutkan hal ini. Menurut penelitian mendalam Syaikh Audah, para shahabat yang meriwayatkan hadits tentang Thaifah Manshurah ini adalah Mughirah bin Syu’bahMu’awiyah bin Abi SufyanTsaubanJabir bin SamurahJabir bin AbdullahSa’ad bin Abi WaqashUqbah bin AmirAbdullah bin AmruZaid bin ArqamImran bin HushainQurah bin IyasAbu HurairahUmar bin KhathabSalamah bin Nufail al KindyNawas bin Sam’anAbu Umamah Al BahiliyMurah bin Ka’ab al BahzySyurahbil bin Samth al Kindy dan Muadz bin Jabal. Para ulama juga menjelaskan tentang Thaifah Manshurah seperti Ibnu Taimiyah dalam Iqtidha’ ash Shirat al Mustaqim (I/69)Imam As Suyuthi dalam Qatful Azhar al Mutanatsirah hal. 216 no. 81Az Zubaidi dalam Luqatu al Laali al Mutanatsirah fi Ahaditsi al Mutawatirah hal. 68 dan Al Kanany dalam Nadhmul al Mutanatsir fi Hadits al Mutawatir hal. 93.
[Audah, Al Mishriy: 38-41, 58-62, Al Mahmud I/40-41]

Di antara hadits-hadits ini adalah hadits yang diriwayatkan oleh shahabat Mughirah radliyalllaahu ‘anhu dari Nabi shallallaahu ‘alahi wasallam, bahwa beliau bersabda,

”Akan senantiasa ada manusia dari umatku yang menang (berada di atas kebenaran—pent) sampai datang kepada mereka urusan (keputusan) Allah sedang mereka dalam keadaan dhahirin (menang).”

[Diriwayatkan oleh Bukhari IV/187, VIII/149 dengan lafal, “Kelompok....di atas kebenaran…”, VIII/189; Muslim 171; Darimi 3437; Ahmad IV/244, 252, 348 dengan lafal ”Berperang di atas jalan kebenaran…”; Ath Thabrani dalam Mu’jam al Kabir no. 959, 960, 962, 961 dengan lafal ”Sampai datang kiamat kepada mereka”].

Muhadits (ahli hadits, red) abad 15 H, Syaikh Nashirudin Albani juga menshahihkan hadits-hadits tentang hal ini dalam Shahih Jami’ ash Shaghir no. 5343 dan Silsilah Ahadits Shahihah no. 204. Beliau menyebutkan para ulama yang mnshahihkan hadits-hadits ini, antara lain Ibnu Taimiyah, al Iraqy, Adz Dzahabi, al Hakim an Naisabury, Asy Syathibi serta Ibnu Hajar.

Hadits-hadits ini sebagaimana dikatakan ulama adalah hadits mutawatir, yaitu hadits yang diriwayatkan oleh orang banyak dalam setiap generasinya sehingga mustahil mereka berdusta. Hadits ini dengan tegas menunjukkan, akan senantiasa ada sekelompok umat Islam yang berjihad (berperang) di atas kebenaran (sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alahi wasallam) sampai datang Hari Akhir, atau urusan/keputusan Allah yang berdasar hadits-hadits shahih disebutkan berhembusnya angin halus yang mematikan seluruh orang yang beriman di bumi dan menyisakan di dunia ini para pelaku kejahatan/maksiat saja, itu terjadi sebelum Kiamat.
[selengkapnya baca Audah]


(bersambung)

0 comments :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. The Last Smile - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger